6 Tips Jitu Cara Merawat Baterai Mouse Supaya Lebih Awet

6 Tips Jitu Cara Merawat Baterai Mouse Supaya Lebih Awet

Mouse wireless lebih banyak dipakai pengguna komputer karena dianggap lebih awet dibandingkan mouse optik. Salah satu cara merawat mouse wireless adalah memperhatikan cara merawat baterai mouse. Perawatan yang tepat akan membuat baterai menjadi lebih awet, tidak cepat habis sehingga tidak perlu sering-sering menggantinya.6-tips-jitu-cara-merawat-baterai-mouse-supaya-lebih-awet

1. Mematikan Mouse Ketika Tidak Digunakan

Salah satu alasan baterai mouse cepat habis adalah jarang mematikan mouse saat tidak digunakan. Biasanya orang akan lupa untuk mematikan mouse wireless dan membiarkannya tetap hidup dalam waktu yang lama. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan pada baterai mouse, sehingga harus sering-sering menggantinya. Tentu saja hal tersebut sangat merugikan dan boros.


Cara menyimpan mouse, juga berpengaruh pada keawetan mouse. Usahakan untuk menjaga mouse supaya tidak mudah terjatuh, karena banyak komponen mouse yang rawan rusak jika terkena benturan. Begitu pula dengan baterai mouse, bisa juga mengalami kerusakan karena benturan. Jadi cara merawat baterai mouse yang tepat adalah memastikan mouse tetap tersimpan di tempat yang aman.

3. Memakai Mousepad yang Sesuai

Banyak pengguna mouse yang tidak suka menggunakan mouse pad, karena mouse bisa berjalan dengan baik sekalipun tanpa alas. Hal tersebut salah total, beberapa permukaan seperti kaca bisa memperlambat sensor pada mouse wireless. Hal ini bisa menyebabkan mouse menjadi menghabiskan banyak daya, sehingga penggunaan baterai menjadi lebih boros. Gunakan mouse pad yang lembut untuk membuat mouse lebih mudah bergerak serta menjaga baterai supaya lebih hemat.


4. Ganti Baterai Secara Bersamaan dan Gunakan Merk yang Sama

Cara mengganti baterai mouse wireless yang tepat adalah mengganti baterai secara bersamaan. Beberapa mouse wireless menggunakan dua buah baterai dan pastikan mengganti keduanya secara bersamaan. Mengganti salah satu baterai saja, bisa menyebabkan mouse menjadi cepat rusak. Selain itu gunakan merk yang sama supaya kinerja mouse menjadi lebih prima.

5. Pakai Baterai yang Sesuai dengan Mouse

Menggunakan baterai mouse yang sesuai dengan tipe mouse merupakan cara merawat baterai mouse supaya lebih awet. Penggunaan baterai yang tidak sesuai akan membuat baterai menjadi bocor dan lebih cepat rusak. Jadi pilihlah kapasitas baterai yang sesuai dengan mouse. Memakai baterai dibawah kapasitas sebenarnya bisa saja dilakukan, namun hal ini akan membuatnya menjadi lebih boros, karena baterai akan cepat habis. Sehingga harus sering-sering diganti.

6. Simpan Mouse di Tempat yang Sejuk

Cara menyimpan mouse yang baik adalah menghindari tempat yang lembap dan panas. Hal ini disebabkan mouse menggunakan baterai jadi menyimpan mouse di tempat dengan suhu lebih dari 54 derajat celcius bisa membuat mouse menjadi lebih cepat rusak.

7. Jika Menggunakan Baterai Isi Ulang Gunakan Baterai yang Masih Bagus

Beberapa mouse dibekali dengan baterai isi ulang. Segera isi ulang baterai jika kapasitasnya sudah habis dan jangan gunakan baterai yang bocor. Pastikan baterai yang digunakan masih dalam kondisi prima dan jangan gunakan baterai jika sudah berubah bentuk atau warna. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan buanglah baterai tersebut, hal ini adalah cara merawat mouse wireless supaya tetap awet. Perawatan yang baik pada mouse wireless akan membuat mouse bekerja dengan prima dan lebih awet lagi. Memperhatika cara merawat baterai mouse, akan membuat mouse lebih awet, sehingga tidak perlu sering-sering mengganti mouse karena rusak.