Fungsi Move Tools Photoshop

Apa Saja Fungsi Move Tool Pada Photoshop

Untuk kamu yang mungkin sudah biasa menggunakan Photoshop pasti sudah tidak asing lagi dengan tool yang satu ini. Move tool merupakan salah satu dari sekian banyak tools yang ada pada Photoshop. Pada software atau aplikasi editing lainnya biasanya juga memiliki tool dengan fungsi yang sama seperti move tool, hanya namanya saja yang berbeda-beda. Contohnya pada Corel Draw juga terdapat tool yang memiliki fungsi sama seperti move tool. Namun pada Corel Draw, tool tersebut disebut dengan Pick Tool.

Tapi sudahkah kamu tahu apa fungsi dari move tool pada Photoshop? Atau bahkan masih belum mengetahui apa itu move tool? Baik, pada artikel ini mari kita bahas apa itu Move Tool pada photoshop dan apa saja fungsinya. Simak baik-baik ya!

Apa Itu Move Tool
Apa Saja Fungsi Move Tool
Cara Menggunakan Move Tool

Apa Itu Move Tool

apa saja fungsi move tools

Move Tool terdiri dari dua kata yaitu Move dan Tool yang berasal dari bahasa Inggris. Move sendiri berarti pindah dan Tool berarti alat. Dari dua kata tersebut mungkin sudah ada sedikit gambaran tentang apa itu Move Tool. Jadi, Move Tool merupakan alat yang digunakan untuk memindahkan objek atau layer pada Photoshop.

Move Tool merupakan salah satu dari sekian banyak tools yang ada pada Photoshop. Kamu bisa menemukan tool tersebut pada tool box yang berada pada bagian kiri layar photoshop. Dan Move Tool sendiri biasanya terletak pada bagian paling atas toolbox. Kamu bisa menemukannya dengan mudah karena Move Tool terletak pada urutan nomor satu diantara tools lainnya.

Apa Saja Fungsi Move Tool

Sedikit penjelasan mengenai apa itu move tool di atas mungkin sudah bisa menjadi sedikit gambaran untuk kamu tentang apa saja fungsi dari Move Tool pada Photoshop. Move Tool berfungsi untuk memindahkan objek-objek atau layer yang kamu inginkan. Namun tidak hanya itu, dengan Move Tool kamu juga bisa memperbesar, memperkecil bahkan memutar layer atau objek.

Jadi meskipun alat ini bernama “Move Tool”, tapi fungsinya tidak hanya sekedar memindahkan atau menggeser objek saja. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Caranya tidak akan sulit. Berikut cara menggunakan Move Tool untuk memindahkan, memperbesar dan memperkecil, serta memutar objek pada Photoshop!

Cara Menggunakan Move Tool

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Move Tool memiliki beberapa fungsi yang bisa dimanfaatkan unutk membantu proses pengeditan atau pembuatan desain. Jadi kamu harus tahu dan paham bagaimana cara menggunakannya. Mari kita bahas satu persatu!

Pertama, untuk fungsinya yang paling utama yaitu memindahkan objek, cara menggunakannya cukup mudah. Tapi sebelum itu kamu aktifkan terlebih dahulu Move Tool dengan menekannya pada bagian tool box paling atas. Lalu di bagian atas sebelah kiri terdapat opsi auto-select. Opsi tersebut bisa diaktifkan atau dimatikan dengan mengklik kotak ceklis yang ada disamping tulisan auto-select.

Jika auto-select dalam keadaan aktif atau diceklis, kamu bisa secara langsung memindahkan objek yang diinginkan. Namun jika auto-select dalam keadaan mati, kamu tidak bisa langsung menggeser atau memindahkan objek. Kamu harus mengaktifkan terlebih dahulu layer objek yang ingin digeser atau dipindahkan. Caranya mudah, cukup dengan mengklik layer objek yang mau kamu pindahkan pada bagian kanan bawah layar photoshop. Barulah setelah itu kamu bisa memindahkan objek tersebut. Bisa juga dengan menekan CTRL pada keyboard lalu klik objek yang ingin dipindahkan.

Selain itu kamu juga bisa memindahkan objek lebih dari satu. Caranya tidak rumit yaitu dengan membuat sebuah group. Di samping kanan opsi auto-select terdapat pilihan group dan layer yang bisa kamu pilih. Pada opsi tersebut kamu pilih “group”. Setelah itu pilih layer-layer objek yang mau dipindahkan dengan menekan CTRL pada keyboard lalu klik layer-layer objek yang kamu ingin pindahkan. Setelah itu drag atau tarik ke ikon “create a new group” yang berada pada bagian paling bawah kanan, di bawah layer-layer. Ikon tersebut biasanya berada di urutan ketiga dari sebelah kanan.

Setelah group terbentuk, kamu bisa langsung memindahkan beberapa objek tersebut. Jika kamu mau kembali memindahkan objek secara saru persatu, cukup pilih kembali layer yang ada pada opsi layer dan group di sebelah kanan auto-select. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan opsi auto-select agar kamu bisa langsung menggeser objek-objek tersebut.

Dengan Move Tool, kamu juga bisa memperbesar, memperkecil dan memutar objek. Caranya cukup dengan mengaktifkan “show transform controls” yang berada disamping opsi layer dan group. Setelah aktif, akan muncul kota di sekeliling objek-objek. Lalu klik dan tahan sudut kotak dan geser untuk memperbesar ataupun memperkecil objek. Untuk memutarnya, kamu bisa arahkan kursor pada sudut kotak dan setelah kursor berubah menjadi ikon rotate bisa kamu klik dan tahan lalu putar objek menggunakan mouse.

Itulah beberapa fungsi dan cara menggunakan Move Tool pada Photoshop. Kamu bisa langsung mempraktekkannya pada Photoshop dengan panduan diatas yang sangat mudah diikuti. Untuk memudahkan dan meningkatkan performa mengedit atau membuat desain pada Photoshop, kamu bisa menggunakan salah satu produk mouse kami yaitu Fantech CRYPTO VX7! Langsung cek produk kami di bawah ini ya.