Cara menghubungkan Gamepad ke android

Cara Mudah Menghubungkan Gamepad Fantech ke Android

Bermain game mobile pada handphone tentunya akan semakin seru jika menggunakan gamepad. Selain karena kenyamanannya saat mengendalikan permainan tapi gamepad juga sangat simple dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk menghubungkannya. Sama seperti gamepad milik Fantech, baik gamepad wired ataupun wireless sama-sama memiliki cara yang mudah untuk menghubungkannya. Tanpa pengaturan-pengaturan yang harus disesuaikan terlebih dahulu sehingga memakan banyak waktu.

Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kamu baca terlebih dahulu artikel tentang cara memilih hp yang bagus untuk gamepad agar kamu bisa lebih paham dengan pembahasan pada artikel kali ini.

Fantech memiliki dua jenis gamepad yaitu gamepad wired dan gamepad wireless. Kedua gamepad tersebut memiliki cara yang berbeda untuk menghubungkannya ke android. Tapi tenang! Keduanya sama-sama memiliki cara yang gampang dan gak ribet dan akan kita bahas satu persatu.

Cara Menghubungkan Gamepad Wired Fantech ke Android
Cara Menghubungkan Gamepad Wireless Fantech

Cara Menghubungkan Gamepad Wired Fantech ke Android

Salah satu gamepad wired milik Fantech yaitu Revolver GP12. Berikut cara mudah untuk menghubungkan gamepad wired ke android yang kamu punya:

1. Siapkan USB OTG

usb otg

Pertama, kamu harus siapkan terlebih dahulu sebuah dongle USB OTG. Pastikan OTG cocok dengan android yang kamu punya. Jika android kamu menggunakan Type-C maka gunakanlah USB OTG Type-C.

2. Colokkan USB OTG ke android

cara menghubungkan gamepad ke android

Lalu colokkan USB OTG tadi ke android kamu. USB OTG ini berfungsi untuk menjadi penghubung antara android kamu dengan gamepad.

3. Colokkan kabel USB gamepad

menghubungkan gamepad ke android

Setelah OTG terpasang pada android kamu, lalu colokan kabel USB gamepad Fantech Revolver GP12 pada USB OTG.

4. Gamepad tersambung

cara menghubungkan gamepad ske android

Setelah gamepad dan android kamu tersambung melalui USB OTG, maka lampu pada gamepad Fantech akan menyala. Itu menandai kalau kamu sudah berhasil menghubungkannya. Gamepad juga bisa langsung bekerja pada android diluar bermain game.

5. Pilih game yang ingin dimainkan

cara menghubungkan gamepad kabel dengan otg

Selamat gamepad kamu telah tersambung! Sekarang saatnya kamu memilih game yang ingin dimainkan. Pastikan game yang kamu pilih support penggunaan gamepad. Biasanya pada pengaturan game akan ada opsi gamepad, kamu bisa pilih terlebih dahulu opsi tersebut sebelum bermain.

Bagaimana jika game yang ingin dimainkan tidak support gamepad? Tenang! Kamu bisa baca artikel ini untuk menemukan jawabannya!

Cara Menghubungkan Gamepad Wireless Fantech

Shooter II WGP13 merupakan salah satu gamepad Fantech yang memiliki dua mode konektivitas yaitu wired dan wireless. Dan karena sebelumnya sudah dijelaskan langkah-langkah menghubungkan gamepad wired Fantech, maka kali ini hanya akan membahas mengenai cara menghubungkan yang wireless. Berikut cara mudah untuk menghubungkan gamepad wireless ke android yang kamu punya:

1. Siapkan USB OTG

Sama seperti gamepad wired, kamu harus siapkan terlebih dahulu sebuah dongle USB OTG. Pastikan OTG cocok dengan android yang kamu punya. Jika android kamu menggunakan Type-C maka gunakanlah USB OTG Type-C.

2. Colokkan USB OTG ke android

Lalu colokkan USB OTG tadi ke android kamu. USB OTG ini berfungsi untuk menjadi penghubung antara android kamu dengan gamepad.

3. Colokkan dongle wireless gamepad

Gamepad Shooter II WGP13 menggunakan USB dongle untuk menghubungkan gamepad dengan mode wireless. Setelah OTG terpasang pada android kamu, colokkan dongle wireless gamepad Fantech Shooter II WGP13 pada USB OTG.

4. Tekan tombol “home” pada gamepad

Setelah gamepad dan android kamu tersambung, maka lampu pada gamepad Fantech akan menyala. Itu menandai kalau kamu sudah berhasil menghubungkannya. Gamepad juga bisa langsung bekerja pada android diluar bermain game.

5. Pilih game yang ingin dimainkan

Selamat gamepad kamu telah tersambung! Sekarang kamu sudah bisa langsung memilih game yang mau kamu mainkan dan harus dipastikan game support gamepad. Setelah memilih game, kamu bisa mampir ke pengaturan game dan akan ada opsi gamepad. Kamu bisa langsung memilih opsi tersebut dan mulai bermain. Bagaimana jika game yang ingin dimainkan tidak support gamepad? Tenang! Kamu bisa baca artikel ini untuk menemukan jawabannya!