Headset Wireless atau kabel mana lebih baik

Headset Wireless atau Kabel, Mana Lebih Baik!

Sebelum adanya teknologi wireless, penggunaan peralatan yang menggunakan kabel sering menjadi keluhan. Sampai akhirnya mulai muncul teknologi wireless, termasuk pada headset. Headset wireless ini memang menjawab seluruh keluhan para pengguna. Tapi apakah itu berarti headset wired tidak bagus dan sudah tidak diperlukan lagi?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada baiknya menelaah terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan dari headset wireless dan headset wired.

Kelebihan dan Kekurangan Headset Wireless
Kelebihan dan Kekurangan Headset Wired
Kesimpulan

Kelebihan dan Kekurangan Headset Wireless

Keluhan terbesar dari headset wired adalah kabelnya. Jadi dengan tidak adanya kabel pada headset wireless merupakan keunggulan terbesar. Headset jadi semakin leluasa untuk digunakan serta dapat bergerak dengan bebas tanpa harus terhambat kabel di antara headset dan device yang digunakan.

Headset juga semakin mudah untuk dibawa kemanapun, tidak harus keribetan mengurus kabel yang melilit dan memakan tempat di dalam tas. Memudahkan juga saat headset ingin disimpan. Headset tidak akan membuat meja atau tempat penyimpanan headset menjadi berantakan. Meja akan tetap rapi tanpa adanya kabel yang semraut di atasnya.

Selain itu, headset wireless yang biasanya menggunakan bluetooth memungkinkan penggunanya untuk mengangkat panggilan telepon secara langsung melalui. Jadi tidak perlu menyentuh handphone saat ada panggilan masuk. Sangat menguntungkan jika sedang dalam perjalanan. Fokus saat menyetir tidak akan terganggu.

Kelebihan lainnya yaitu headset yang cenderung lebih awet. Karena pada headset wired biasanya alasan kerusakan terjadi akibat kabel yang putus. Maka tanpa adanya kabel, headset tidak akan rawan rusak.

Namun seperti yang kita tahu, headset wireless akan mengandalkan daya dari baterai. Jadi pengguna headset wireless harus menyisihkan waktunya untuk mengisi ulang daya baterai headset. Tidak bisa dipungkiri kalau mengisi daya baterai ini sedikit merepotkan. Terlebih jika headset kehabisan baterai di saat-saat penting.

Dengan teknologi yang lebih canggih juga membuat headset wireless memiliki harga yang sedikit lebih mahal dibandingkan headset wired. Hedaset wireles sjuga tidak cocok unutk dipakai pada beberapa kegiatan yang memrlukan sinyal yang stabil, contohnya saat bermein game. Akan merepotkan jika sinyal headset tiba-tiba tidak stabil di tengah-tengah permainan, pasti akan mengganggu konsentrasi pemain.

Kelebihan dan Kekurangan Headset Wired

Walaupun banyak mengeluhkan kabel pada headset wired, bukan berarti tidak ada satu orangpun yang tidak mau menggunakan headset dengan kabel. Pasti tetap ada orang yang perlu dan mau menggunakan headset dengan kabel. Karena tidak seperti headset wireless yang harus melakukan pairing antara perangkat dan headset, dengan headset wired pengguna cukup menyambungkan kabel headset dengan perangkat. Setelah itu headset dapat langsung digunakan.

Dari segi harga, headset wired cendenrung lebih murah jika dibandingkan dengan headset wireless. Dengan headset wired, pengguna juga tidak perlu repot-repot mengisi daya baterai dan bebas digunakan sepanjang hari. Jadi bisa dikatakan headset wired lebih praktis untuk penggunaan jangka panjang. Kebanyakn headset wired juga memiliki kualitas suara yang lebih baik. Dan pastinya sangat cocok untuk digunakan bermain game.

Masalah terbesar headset terletak wired pada kabelnya. Headset wired membuat meja atau tempat menyimpan headset terkesan berantakan. Kabel seringkali terlilit dan itu sangat mengganggu pemandangan. Kabel yang kusut juga sangat rawan membuat headset putus. Selain itu juga sangat tidak direkomendasikan unutk dibawa berpergian, karena akan sangat merepotkan jika dibandingkan dengan headset wireless.

Kesimpulan

Berdasarkan penjelasan diatas, bisa dilihat kalau diantara headset wireless dan headset wired tidak ada yang benar-benar sempurna. Maisng-masing memiliki keunggulan dan kelemahan yang berbeda-beda. Itu semua bisa disesuaikan dengan kebutuhan pengguna. Bagus atau tidaknya headset tergantung dengan keperluan masing-masing.

Sebagai contoh, jika pengguna membeli headset denga tujuan untuk dipakai bermain game maka bisa dikatakan headset wired jaub lebih cocok. Karena gaming membutuhkan perangkat dengan koneksi yang stabil. Pengguna pasti tidak ingin sesi bermainnya terganggu baik oleh baterai headset yang tiba-tiba habis akibat lupa diisi atau koneksi yang terputus.

Begitu juga dnegan tujuan penggunaan lainnya. Jika hanya sekedar ingin mendengarkan musik maka bisa gunakan headset wireless yang lebih mudah dibawa kemana-mana. Jadi pengguna bisa mendengarkan lagu yang diinginkan dimanapun.

Sebelum memutuskan untuk memilih headset apa yang ingin digunakan, ada baiknya pelajari terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan dari masing-masing headset. Dan pahami juga apa yang menjadi prioritas dan pilihlah headset yang paling menguntungkan untuk kebutuhan dan tujuan kamu. Penjelasan diatas diharapkan dapat membantu mendapatkan headset yang cocok dan terbaik. Jika masih merasa bingung dan bimbang maka bisa lihat beberapa rekomendasi headset beserta reviewnya melalui artikel ini.