hemat-listrik-pc-atau-laptop-Ini-jawabannya

Hemat Listrik PC atau Laptop? Ini Jawabannya

Komputer atau PC dan Laptop memiliki kelebihan maupun kekurangan yang berbeda jadi Anda harus memperhatikannya sebelum membeli perangkat tersebut. Hemat listrik PC atau laptop menjadi pertanyaan yang sering muncul saat memilihnya. Setiap alat elektronik pasti memiliki jumlah pemakaian listrik yang berbeda-beda dan semuanya berkontribusi dalam menambah tagihan bulanan. Untuk mendapatkan perangkat yang lebih hemat listrik, Anda tentu harus menyimak ulasan berikut ini.

Pemakaian Listrik PC

Komputer atau PC biasanya digunakan dengan memasang kabel ke sumber daya atau power agar bisa menyala. Selama komputer digunakan, maka kabel tersebut tidak boleh dilepaskan, bahkan ketika komputer sedang tidak digunakan sekalipun. Pemakaian daya pada komputer sebenarnya berbeda-beda, tergantung pada aktivitas yang dilakukan. Umumnya, sebuah komputer desktop menarik daya antara 65 hingga 250W namun pemakaian daya akan jauh lebih besar jika komputer untuk gaming. Pada umumnya, komputer yang digunakan untuk bermain game akan membutuhkan daya hingga 600W atau bahkan lebih. Hal ini tergantung pada spesifikasi dari komputer tersebut dan apakah ada fitur penghemat daya di dalam komputer. Angka tersebut belum termasuk daya yang dibutuhkan untuk layar monitor gaming dengan standar penggunaan daya sebesar 40W lebih. Apalagi jika Anda masih menggunakan CPU lama, maka bisa menyedot daya listrik lebih besar lagi.

Pemakaian Listrik Laptop

Banyak di antara kita yang masih bingung dengan hemat listrik PC atau laptop. Penggunaan alat elektronik sudah pasti akan menyedot daya listrik dan membuat tagihan bulanan semakin bertambah jadi pastikan Anda memilih perangkat yang tepat. Sebagai bentuk perkembangan dari komputer, laptop bisa digunakan tanpa menghubungkan kabel pada sumber power. Anda hanya perlu mencolokkan charger apabila daya baterai laptop sudah habis dan biasanya dibutuhkan beberapa jam. Setelah daya baterai terisi, Anda sudah bisa melepaskan kabel tersebut dan menggunakan laptop untuk berbagai aktivitas. Kondisi inilah yang membuat pemakaian daya listrik pada laptop cenderung lebih sedikit dibandingkan komputer. Namun, hal ini juga tergantung pada aktivitas yang dilakukan, misalnya daya laptop untuk edit video, browsing, menonton film, dan memutar musik akan lebih cepat habis dibandingkan hanya digunakan untuk mengetik saja, yaitu cukup 65W.

Hemat Listrik PC atau Laptop?

Setelah melihat gambaran pemakaian daya listrik antara PC dan laptop, apakah Anda sudah menemukan jawabannya? Sebenarnya, sudah terlihat jelas bahwa laptop menggunakan daya listrik yang lebih sedikit dibanding komputer atau PC. Namun, masih ada faktor lain yang mempengaruhi besarnya penggunaan daya listrik, seperti aktivitas yang dilakukan, spesifikasi perangkat, dan lain sebagainya. Bahkan, Anda bisa memanfaatkan alat penghemat daya jika ingin menghemat tagihan listrik. Jika Anda ingin menghemat pemakaian listrik, maka laptop bisa menjadi pilihan yang tepat. Asalkan, Anda bisa mengontrol aktivitas pemakaian laptop dengan baik dan menggunakan penghemat daya agar tidak menguras banyak daya listrik di rumah. Jangan lupa untuk memastikan bahwa laptop yang Anda pilih memiliki spesifikasi atau fitur untuk menghemat pemakaian daya. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir karena tagihan listrik bulanan tidak akan membengkak dengan laptop. Apalagi ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk menghemat pemakaian daya laptop. Namun, Anda harus mengetahui terlebih dahulu berapa pemakaian daya laptop agar bisa menghematnya dengan cara yang mudah. Bagaimana? Sudah menemukan jawaban dari pertanyaan hemat listrik PC atau laptop? Hemat atau tidaknya pemakaian daya listrik sebenarnya tidak hanya tergantung pada perangkat yang digunakan, tapi juga cara Anda untuk menghematnya.