mengatasi-handphone-kemasukan-air

Mengatasi HP Kemasukan Air, Ikuti cara ini !

Pengguna barang elektronik terutama ponsel sudah bukan lagi hal yang mewah. Ponsel atau disingkat HP menjadi barang “wajib”. Akan tetapi resiko ponsel terkena air menjadi kekhawatiran tersendiri. Lakukan beberapa cara mengatasi HP kemasukan air berikut ini :

Daftar Isi

Segera angkat ponsel dari air
Jangan nyalakan ponsel
Lepaskan SIM Card, Baterai dan Memory Card
Keringkan LCD
Simpan di dalam beras
Pakai Silica Gel
Jangan dijemur dibawah sinar matahari
Jangan digoyang-goyang

Cara mengatasi HP kemasukan air

Ponsel yang terkena air memang bukanlah sesuatu yang diinginkan. Meskipun kebanyakan ponsel saat ini sudah dilengkapi teknologi IP68 atau teknologi tahan terhadap air, tapi cara berikut ini untuk mengatasi HP kemasukan air penting untuk diketahui para pengguna ponsel.

1. Segera angkat ponsel dari air

etika ponsel tersiram atau terkena cipratan, segera ambil dan jauhkan dari jangkauan air. Meski ponsel dilengkapi teknologi tahan air, bukan berarti ponsel akan bertahan lama di dalam air. Kebanyakan ponsel hanya akan bertahan selama beberapa menit di dalam air.

2. Jangan nyalakan ponsel

Ketika panik, orang biasanya terburu-buru menyalakan ponsel beberapa saat setelah dijauhkan dari air. Padahal hal tersebut justru memicu terjadinya konsleting pada ponsel yang mengakibatkan ponsel tidak bisa menyala lagi. Hal yang sama juga berlaku apabila ponsel terkena air dalam kondisi menyala. Segera matikan ponsel dan biarkan sesaat untuk menghindari adanya konsleting.

3. Lepaskan SIM Card, Baterai dan Memory Card

Cara mengatasi HP kemasukan air berikutnya adalah dengan melepas semua komponen yang menempel pada HP. Keluarkan SIM Card, Memory Card dan Baterai apabila bukan baterai tanam. Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi kerusakan lanjutan pada beberapa area lain. Jangan lupa untuk membuka akses untuk jalan keluar air yang sudah terlanjur masuk ke HP.

4. Keringkan LCD

LCD atau Liquid Crystal Display adalah salah satu komponen penting dalam ponsel. Indikator ponsel menyala atau tidak bisa dilihat dari layar yang ditampilkan. Layar LCD dalam ponsel berisi filament lunak yang biasanya tidak bisa tahan terhadap air. Gunakan kain bersih atau tisu untuk mengeringkan bagian layar LCD yang terlanjur terkena air. Lakukan secara perlahan dan searah agar tidak menimbulkan goresan pada layar LCD. Ulangi beberapa kali hingga benar-benar kering.

5. Simpan di dalam beras

Meski cara ini dibilang unik, tapi menyimpan HP yang terkena air ke dalam tumpukan beras adalah salah satu cara ampuh untuk menyerap kelembaban pada ponsel. Cukup lakukan cara ini dalam 2-3 hari. Ambil satu kantong plastik, kemudian isi plastik tersebut dengan beberapa mangkok beras. Masukkan juga baterai, kartu SIM dan Memory Card ke dalam plastik tersebut. Ikat dengan kencang dan biarkan beras menyerap air dalam ponsel.

6. Pakai Silica Gel

Pilihan lain yang bisa digunakan selain beras adalah silica gel. Meski mempunyai fungsi yang sama dengan beras yaitu menyerap kelembaban, tapi silica gel lebih baik karena tidak menimbulkan pengembunan dan sangat ampuh untuk mengeringkan perangkat elektronik.

7. Jangan dijemur dibawah sinar matahari

Sinar matahari memang biasa digunakan untuk mengeringkan sesuatu yang terkena air. Namun hal itu tidak berlaku untuk barang-barang elektronik terutama ponsel. Menjemur HP yang terkena air tidak disarankan karena justru merusak komponen yang ada di dalamnya.

8. Jangan digoyang-goyang

Kebanyakan orang beranggapan jika menggoyang-goyangkan HP akan membantu air yang masuk ke dalam bisa keluar. Namun hal ini justru bisa membuat air semakin masuk ke dalam bagian hardware dan menimbulkan kerusakan yang lebih parah. Itulah beberapa cara mengatasi HP kemasukan air yang bisa dicoba. Hal paling utama adalah jangan panik dan lakukan satu demi satu langkah yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan HP yang terkena air.