apa itu photoshop

Mengenal Lebih Dalam Adobe Photoshop

Di era yang serba digital ini, segala aktivitas bisa dilakukan dengan mudah. Penggunaan social media semakin meningkat. Belajar, bermain, sampai bekerjapun bisa dilakukan secara digital. Terlebih setelah pandemi COVID-19 yang melanda, masyarakat banyak yang mengalihkan segala aktivitas yang harus dilakukan secara langsung atau offline menjadi secara online.

Proses pembelajaran baik siswa di sekolah ataupun mahasiswa di kampus bisa dilakukan secara online melalui aplikasi-aplikasi seperti zoom, google classrom, dan sebagainya. Bidang lain yang juga mulai berkembang kegiatannya secara digital yaitu marketing atau penjualan. Semakin banyak brand-brand dengan berbagai industri yang mengembangkan pasarnya secara digital.

Salah satu hal yang diperlukan untuk melakukan promosi atau berjualan secara online yaitu kemampuan untuk melakukan editing foto. Karena melalui media online, visual merupakan salah satu faktor penting yang bisa menarik perhatian audiens atau target pasar dari sebuah brand. Tentunya semakin banyak aplikasi atau software yang bisa digunakan oleh para designer atau photo editor.

Salah satu software yang memang sudah terkenal, bahkan sebelum era yang serba digital ini, adalah Adobe Photoshop. Untuk urusan mengedit foto atau membuat desain, banyak orang yang pasti akan langsung teringat dengan software satu ini. Tapi sebenarnya apasih Adobe Photoshop itu? Lalu apa saja kegunaannya? Yuk, kita bahas lebih dalam!

Apa Itu Photoshop?
Fungsi Photoshop
Keunggulan Photoshop

1. Apa Itu Photoshop?

Adobe Photoshop atau yang biasa disebut dengan Photoshop merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini biasa digunakan untuk melakukan edit foto atau membuat sebuah gambar. Untuk sejarah singkatnya, photoshop ini dibuat oleh dua bersaudara yang berasal dari Amerika, yaitu Thomas Knoll dan John Knoll pada tahun 1987. Lalu pada tahun 1988, kedua bersaudara tersebut menjualnya ke Adobe Inc.

Sebelum diberi nama “photoshop”, software ini sempat beberapa kali berganti nama. Pada tahun 1987, software ini bernama Display dan kemudian pada tahub 1988 diganti menjadi ImagePro. Barulah setelah resmi bergabung dengan Adobe Inc, software ini dinamakan dengan Adobe Photoshop atau biasa disebut juga dengan Photoshop. Dan hingga saat ini masih bertahan dengan nama tersebut.

Setelah melewati puluhan tahun, sudah pasti Photoshop telah melakukan banyak pembaharuan fitur atau tools-toolsnya. Perkembangan photoshop sendiri dimulai pada tahun 1990, tepatnya pada saat pertama kali rilis dengan nama Photoshop 1.0 hingga yang terbaru pada 2022 versi 23.4.1 untuk pengguna desktop. Dengan perkembangan yang begitu massive menjadikan Photoshop sebagai software photo editing yang mendunia.

1. Fungsi Photoshop

Photoshop banyak digunakan oleh para design grafis dan pekerja lainnya yang berhubungan dengan foto atau gambar. Photoshop sangat membantu fotografer untuk menghasilkan foto-foto yang keren dan berkualitas. Dengan kemampuan dan fitur-fitur yang dimiliki oleh software ini, photoshop menjadi sebuah standar dalam dunia editing foto atau gambar. Lantas apa saja kemampuan photoshop sehingga membuatnya begitu ternama diberbagai belahan dunia?

Secara umum kemampuan atau fungsi dari Adobe Photoshop adalah sebagai berikut:

Meningkatkan intensitas cahaya pada foto atau gambar.
Memotong foto atau gambar.
Mempertajam kualitas foto atau gambar.
Membuat foto atau gambar menjadi blur.
Memperbesar atau memperkecil ukuran foto atau gambar.
Menambahkan teks pada foto atau gambar.
Menggabungkan dua atau lebih foto atau gambar.
Menghilangkan sebuah objek yang ada pada foto atau gambar.

Keunggulan Photoshop

Adobe Photoshop atau yang biasa disebut dengan Photoshop merupakan sebuah software yang dikembangkan oleh Adobe Inc. Software ini biasa digunakan untuk melakukan edit foto atau membuat sebuah gambar. Untuk sejarah singkatnya, photoshop ini dibuat oleh dua bersaudara yang berasal dari Amerika, yaitu Thomas Knoll dan John Knoll pada tahun 1987. Lalu pada tahun 1988, kedua bersaudara tersebut menjualnya ke Adobe Inc.

Photoshop mampu menyimpan foto atau gambar dengan berbagai format, mulai dari jpg, jpeg, gif, png, dan lain sebagainya. Selain itu, photoshop juga mampu mengidentifikasi format khusus seperti psd, psb, dan pdd. Hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna tanpa harus mengubah format foto atau gambar untuk menyesuaikan dengan photoshop dan kebutuhan pengguna sendiri.

Dengan photoshop, foto-foto berkualitas yang biasanya memerlukan waktu berjam-jam bagi fotografer dapat dipersingkat. Dengan kata lain, fotografer tidak perlu lagi melakukan photoshoot selama berjam-jam karena bisa dibantu dengan mengedit foto melalui Photoshop. Foto-foto atau gambar yang dihasilkan Photoshop biasanya selalu memuaskan. Selain itu, pengguna juga menyukai opsi-opsi edit Photoshop yang lebih lengkap jika dibandingkan dengan software atau aplikasi lainnya.

Software ini bisa digunakan pada windows maupun Mac OS. Bisa juga digunakan pada Linux tapi perlu software tambahan seperti CrossOver atau Wine. Dan yang terpenting bagi para pengguna yaitu toolsnya. Photoshop bisa dibilang memiliki tools yang lengkap seperti move tool, marquee tool, lasso tool, crop & slice tool, dan masih banyak lagi. Tools yang lengkap dan responsif ini tentunya sangat menguntungkan para pengguna. Tidak heran Photoshop bisa sangat mendunia jika melihat keunggulan-keunggulan yang dimilikinya.

Selain software, perangkat untuk mengerjakan editing foto atau membuat gambar juga perlu diperhatikan. Salah satu perangkat tersebut adalah mouse. Nah, kalau kamu sedang mencari sebuah mouse yang dapat meningkatkan kinerja saat mengedit atau membuat sebuah desain, kamu bisa cek langsung produk kami Fantech Helios GO XD5 di bawah ini! Tingkatkan kemampuan mengedit kamu dan hasilkan gambar yang memuaskan!