Penyebab Headset Mati Sebelah, Hindari Penggunaan Seperti Ini

Penyebab Headset Mati Sebelah, Hindari Penggunaan Seperti Ini

Kerusakan pada headset tentu saja membuat tidak nyaman seperti ketika aksesoris tersebut rusak sebelah misalnya. Oleh sebab itu, Anda harus mengetahui apa saja sebab headset mati sebelah, sehingga mengganggu kenyamanan saat telpon atau mendengarkan musik. Anda perlu mengetahui kenapa earphone tidak berfungsi, sehingga bisa menjaga kerusakan yang dimiliki untuk menghindari kerusakan. Simak penjelasan berikut ini mengenai beberapa penyebab mengapa headset Anda bisa mati sebelah.


1. Tidak Menggunakan Pelindung

Sebab headset mati sebelah yang pertama adalah Anda tidak menggunakan case untuk melindungi. Pada umumnya case pelindung ini akan didapatkan pada saat membeli headset, namun tetap disesuaikan dengan harganya. Case pelindung ini berupa dompet kecil yang berguna untuk menyimpan headset saat tdak digunakan. Fungsinya adalah untuk melindungi headset ketika jatuh agar tidak mudah rusak atau mati sebelah, sehingga Anda bisa tetap menggunakannya dengan aman.  Selain dompet pelindung ada juga yang bernama headset stand tower nah untuk headset stand tower ini biasanya banyak digunakan oleh para gamers sebagai alat untuk menaruh headset agar tetap rapi dan juga terlindungi.  Mengabaikan pelindung untuk headset bisa memperpendek usia pakai headset Anda. Dampak yang peling sering ditemukan adalah headset menjadi mati sebelah, sehingga fungsinya tidak bsia berjalan secara maksimal.


2. Memutar Volume Secara Full

Penyebab Headset Mati Sebelah

Penyebab headset mati sebelah kiri atau kanan selanjutnya adalah Anda terlalu sering memutar musik atau telepon dengan volume penuh. Apabila headset terlalu sering digunakan dengan volume penuh, akibatnya adalah terjadi kerusakan pada driver. Jika driver headset ini sudah tidak kuat menahan muatan volume, dampaknya adalah akan merusak perlengkapan audio. Kerusakan ini biasanya diawali dengan suara yang dikeluarkan oleh salah satu saluran headset terdistorsi dan terdengar berisik. Memutar headset dengan full volume memang membuat musik terdengar lebih jelas dan menyenangkan. Namun, hal ini berbahaya bagi pendengaran Anda serta headset karena menjadi rawan mengalami kerusakan.


3. Tidak Merapikan Kabel Saat Menyimpan Headset

penyebab headset mati sebelah dan cara menjaganya - 3

Hal berikutnya yang menjadi sebab headset mati sebelah adalah tidak merapikan kabelnya setalah penggunaan. Merapikan kembali headset berkabel saat selesai memakai dan menyimannya adalah hal penting dengan tujuan untuk menjaga keamanan driver. Tidak merapikan headset kembali bisa menyebabkan kerusakan pada driver yang berfungsi untuk mengirimkan audio. Akibatnya adalah headset menjadi rentan mati sebelah karena drivernya tidak bisa menyalurkan audio secara menyeluruh. Oleh sebab itu, mulai saat ini cobalah untuk merapikan headset sebelum menyimpannya kembali guna menghindari adanya kerusakan. headset yang mati sebelah karena kerusakan driver akibat penyimpanan secara semabarangan ini belum tentu bisa diperbaiki dengan mudah.


4. Spesifikasi Tidak Jelas

Penyebab headset mati sebelah - 4

Satu lagi penyebab headset mati sebelah kanan atau kiri adalah karena spesifikasinya tidak jelas. Sebenarnya hal ini berlaku untuk semua jenis headset berbagai ponsel yang bukan merupakan bawaan aslinya karena tidak memiliki spesifikasi jelas. Headset yang bukan bawaan dari ponsel lebih sulit untu dicek spesifikasinya karena saat ini sangat marak produk palsu. Hal inilah yang menyebabkan mengapa headset di pasaran lebih rentan mengalami kerusakan sebelah padahal Anda belum terlalu lama membelinya. Seperti contohnya ketahanan produk tersebut setelah jatuh atau terbanting belum bisa dipastikan. Banyak headset yang menggunakan label waterproff tapi ternyata tidak tahan jika terkena air. Label yang tidak sesuai dengan speifikasi tersebut juga menjadi pemicu kerusakan. Beberapa sebab headset mati sebelah tersebut memang penting untuk dipahami agar Anda bisa lebih menjaga aksesoris ini. Headset merupakan aksesoris yang hampir tidak bisa lepas dari kegiatan sehari-hari, seperti untuk mendengarkan musik atau menelpon sembari berkegiatan.