perbedaan-keyboard-mechanical-dan-optical-gaming-mana-yang-terbaik

Perbedaan Keyboard Mechanical dan Optical Gaming: Mana yang Terbaik?

Sebagai seorang gamers, Anda pasti sudah sering melihat berbagai perbedaan harga dan spesifikasi keyboard. Nah, di artikel ini, Anda akan memahami lebih detail lagi tentang perbedaan keyboard mechanical dan optical gaming. Kedua jenis keyboard tersebut memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, yang tentunya bisa menguntungkan untuk permainan atau malah sebaliknya.

Apa Bedanya Keyboard Mechanical dan Optical?

Secara umum, dua jenis keyboard ini memiliki perbedaan pada elemen pembangun keyboard-nya. Namun bisa dibilang keyboard berjenis optical adalah yang superior untuk gaming daripada mekanikal. Hal ini dikarenakan elemen optical switch yang membentuk keyboard memungkinkan pergerakan yang jauh lebih cepat, hingga 30 ms. Sedangkan untuk penggunaan biasa sehari-hari, keyboard mekanikal memenangi perbandingan. Di bawah ini adalah perbandingan keyboard optikal dan mekanikal untuk berbagai aspek. Kami juga menyertakan kenapa satu jenis keyboard lebih baik daripada jenis satunya.

Keseluruhan: Mechanical

Secara keseluruhan, kami menyimpulkan bahwa mechanical keyboard lebih baik. Hal itu sebenarnya disebabkan oleh pengalaman yang didapatkan ketika memencet tombol yang ada di papan ketik. Suara yang dihasilkan mungkin memang memang lebih lembut, tapi rasanya seperti ada yang kurang. Sedangkan keyboard mekanikal memberikan pengalaman mengetik yang sebenarnya.

Kecepatan: Optical

Salah satu hal yang membuat optical keyboard cukup populer untuk gaming adalah kecepatannya yang sangat responsif. Seperti penjelasan di atas, kecepatannya mencapai 30 ms lebih cepat daripada keyboard mekanik. Meskipun terdengar sepele dan remeh, nyatanya respon keyboard sangat penting untuk bermain game. Tapi tentu saja angka di atas tergantung dari merknya. Namun secara umum, keyboard optik memang lebih cepat.

Tahan Lama: Optical

Perbedaan keyboard mechanical dan optical gaming berikutnya adalah pada durability. Keyboard optikal bisa bertahan setidaknya hingga 100 juta keystroke. Keyboard mekanik, di sini lain, memiliki usia sekitar 50 juta keystroke, yang tentu saja tergantung dari merknya.

Tingkat Kebisingan: Mechanical

Tidak dapat dipungkiri bahwa ada beberapa keyboard yang memang sangat berisik. Apalagi jika Anda perlu untuk mengetik atau main game dengan speed yang cepat, beberapa keyboard bisa menghasilkan kebisingan yang mengganggu. Untuk tingkat kebisingan sendiri, keyboard mekanik adalah pemenangnya. Hal ini disebabkan oleh sensor yang dimiliki keyboard optikal bisa menghasilkan suara berisik yang tidak enak didengar. Memang ada beberapa merk yang tidak terlalu bising, seperti Razer Huntsman Mini. Sedangkan jika Anda memang ingin mengetik dan bermain game dengan lebih santai, tenang, dan tidak berisik, keyboard mekanik adalah jawabannya.

Harga: Mechanical

Keyboard mekanik tentu saja memenangi persaingan atas harga. Saat ini Anda akan dengan mudah menemukan berbagai macam keyboard mekanik dengan performa yang baik dan dibanderol dengan harga yang masih terjangkau. Namun apabila Anda ingin keyboard optikal yang super cepat, nyaman, dan tidak bising, Anda harus mempersiapkan budget lebih untuk membelinya. Hal ini juga disebabkan oleh banyaknya pilihan yang ada di sektor keyboard mekanik dibandingkan dengan sektor optikal. Tapi Anda pun bisa saja menemukan keyboard mekanik yang harganya cukup tinggi, apalagi jika merk-nya sudah masuk kelas atas.

Akhir Kata

Beberapa mouse dibekali dengan baterai isi ulang. Segera isi ulang baterai jika kapasitasnya sudah habis dan jangan gunakan baterai yang bocor. Pastikan baterai yang digunakan masih dalam kondisi prima dan jangan gunakan baterai jika sudah berubah bentuk atau warna. Jika ada tanda-tanda yang mencurigakan buanglah baterai tersebut, hal ini adalah cara merawat mouse wireless supaya tetap awet. Perawatan yang baik pada mouse wireless akan membuat mouse bekerja dengan prima dan lebih awet lagi. Memperhatika cara merawat baterai mouse, akan membuat mouse lebih awet, sehingga tidak perlu sering-sering mengganti mouse karena rusak.