trik-lincah-merawat-mouse-wireless

Trik Lincah Merawat Mouse Wireless

Perangkat komputer memang membutuhkan perawatan. Bukan hanya bagian layar saja yang perlu dirawat, merawat mouse wireless juga perlu dilakukan. Tujuan perawatan dimana-mana sama, yaitu untuk membantu fungsi perangkat, sehingga berjalan sesuai tugasnya. Cara merawat mouse, lebih sederhana bila dibandingkan dengan perawatan bagian lain. Akan tetapi, bukan berarti dengan begini bisa anda kesampingkan begitu saja. Perangkat yang sudah dibeli mahal-mahal harus bertahan lama agar anda tidak boros.

1. Bijak Dalam Menggunakan Mouse

Langkah utama dari perawatan mouse adalah dengan mengerti kapan saatnya menggunakan mouse, kapan saatnya mencabut mouse dari laptop atau komputer. Dengan mengerti kebutuhan diri anda sendiri, perangkat pribadi yang anda miliki akan terjaga. Cara menggunakan mouse wireless sangatlah mudah karena anda tidak harus menggunakan kabel yang panjang hanya memerlukan tombol on/off saja. Bila sedang tidak dipakai lebih baik anda menonaktifkannya dengan menekan tombol off di dekat sensor. Kenapa hal ini perlu dilakukan? Anda pasti bertanya-tanya bukankah hal ini sama saja. Ternyata tidak hari ini berpengaruh terhadap baterai yang ada di dalam mouse wireless. Anda bisa menghemat pengeluaran baterai sehingga dapat dipakai dalam waktu yang lama.


2. Rutin Mengganti Baterai

Penggunaan mouse wireless yang dilakukan setiap hari untuk aktivitas bekerja dan belajar anda, pasti akan merasakan titik dimana sensor yang dikeluarkan tidak menggerakkan kursor. Bila anda mendapati kondisi yang seperti ini, sudah saatnya untuk mengganti baterai yang ada. Dengan begitu pekerjaan Anda tidak akan terganggu dan proses belajar anda akan kembali berakhir menyenangkan. Anda yang memiliki budget yang lebih bisa membeli karpet khusus untuk membantu kinerja mouse. Selain menggunakan karpet bantu hasil membeli, anda bisa menggunakan hoodie bekas dengan permukaan kasar sebagai gantinya.

3. Perhatikan Kebersihan Meja Kerja

Langkah selanjutnya dalam merawat mouse wireless adalah dengan melakukan pembersihan terhadap alat kerja di meja kerja. Debu dan kotoran yang ada di meja akan berpengaruh terhadap kinerja mouse. Makanya, selain melakukan pembersihan anda disarankan menggunakan sebuah kertas atau kain dengan permukaan yang sedikit kasar. Tujuannya, untuk membantu menunjang perawatan mouse wireless.

4. Jangan Menggunakan Alkohol

Cara membersihkan mouse yang baik, bisa menggunakan kain kering atau menggunakan sapu tangan tak dengan menggunakan tisu basah atau cairan yang mengandung alkohol. Perawatan sederhana menggunakan alkohol tidak dilakukan untuk menghindari cairan. Kinerja mouse akan menurun bila anda melakukan pembersihan menggunakan air atau benda yang berjenis basah. Mulai sekarang rawatlah mouse dengan menggunakan kain saja atau tisu biasa.

5. Jangan Membongkar Mouse

Anda yang tidak memahami sistem atau cara kerja mouse akan lebih baik melihat petunjuk penggunaanya saja. Bila perangkat yang dibolehkan dibuka hanya bagian baterai saja, maka jangan nekat ingin membuka bagian roll mouse. Rasa penasaran anda terhadap alat yang baru ini mungkin akan memuncak, sampai anda tidak bisa menahannya lagi. Kalau sudah begitu, lakukan saja pembongkaran mouse. Dengan catatan mouse yang dibongkar tidak lagi digunakan. Bagian dalam mouse yang sudah dirancang otomatis dari pabrik beresiko bergeser akibat aktivitas pembongkaran mouse. Daripada nantinya anda juga yang dirugikan karena terjadi hal-hal yang tidak diinginkan lebih baik dihindari. Setelah mengetahui upaya merawat mouse wireless dengan membaca informasi di atas, semoga anda bisa menerapkanya. Perawatan sederhana menunjang keberhasilan kedepan. Jadi jangan sepelekan, selamat mencoba.