trik-sederhana-cara-mengatasi-keyboard-terkena-air-anti-panik

Trik Sederhana Cara Mengatasi Keyboard Terkena Air Anti Panik !

Bekerja sambil makan atau minum, membuat aktivitas yang anda lakukan berjalan lancar. Tapi bagi beberapa orang ceroboh, bekerja sambil minum atau makan akan mendatangkan petaka karena keyboard terkena air. Pada akhirnya bingung mencari cara mengatasi keyboard terkena air. Tetapi anda terang saja, karena kali ini anda akan dikenalkan dengan langkah-langkah mengatasi masalah keyboard yang terkena air. Tips ini, akan sangat berguna karena akan menghindarkan kerusakan pada ada laptop atau perangkat anda.

1. Memutus Arus Listrik

Bila anda bekerja menggunakan komputer, pasti anda harus menancapkan semua komponen pendukung ke arus listrik. Kalau keyboard anda terkena air, maka langkah yang tepat yang langsung anda lakukan adalah memutus arus listrik. Pemutusan ini dengan cara melepaskan charger yang tertancap, dengan tujuan untuk menghindari konsleting listrik akibat air yang ada di dalam keyboard. Ditakutkan beberapa komponen pendukung lainnya juga terkena air sehingga menjadikan anda dalam keadaan berbahaya.

2. Mematikan Perangkat

Bila perangkat yang anda gunakan adalah laptop, maka setelah terkena air akan lebih baik bila anda langsung mematikannya. Dengan begitu komponen yang fungsinya menyimpan baterai dan menghantarkan listrik bisa terjaga. Anda bisa bolak-balik keyboard sampai 70% air yang tumpah di dalamnya berhasil dikeluarkan. Bila tidak mau keluar, anda memerlukan cara lain yang lebih efektif untuk membuat air yang mengendap keluar. Bila keyboad sudah tidak mau ditekan dan anda tidak memiliki mouse. Maka anda tidak perlu memperhatikan prosedur mematikan komputer yang tepat. Dalam kondisi darurat, akan lebih baik bila anda langsung mencabut semua kabel yang tertancap di stop kontak.

3. Ubah Posisi Keyboard

Kalau sudah jelas semua arus listrik berhasil diputuskan, langkah yang perlu anda lakukan berikutnya adalah dengan memposisikan keyboard ke posisi yang baru. Posisi ini, usahakan merupakan posisi yang bisa mengeluarkan sisa air yang ada di dalam keyboard. Anda bisa memanfaatkan celah-celah keyboard untuk mengeluarkan airnya. Sehingga, anda tidak perlu capek-capek meniup sampai kering. Hal ini tujuannya untuk menghindari risiko masuknya air ke perangkat utama seperti motherboard.

4. Gunakan Kipas Angin

Sebagian air yang sudah disingkirkan harus segera dibersihkan. Langka cara mengatasi keyboard terkena air berikutnya adalah dengan memanfaatkan kipas angin. Selain kipas angina, alat lainnya yang bisa anda manfaatkan adalah hair dryer. Jadikan keyboard sebagai objek pengganti rambut, bila anda menggunakan hair dryer. Pastikan anda mengeringkannya secara merata. Baik melalui bagian atas keyboard, maupun bagian bawah. Sehingga proses pengeringan akan berlangsung lebih cepat.

5. keyboard-mengeluarkan-asap

Melakukan upaya-upaya ini setidaknya bisa membantu mengatasi masalah konsleting keyboard dan mengamankan si motherboard yang ada di bagian bawah. Akan tetapi, bila air yang tumpah ke keyboard sudah terlalu parah akan muncul gejala konsleting. Konsleting yang terjadi di keyboard, biasanya diawali dengan munculnya asap. Hal ini, merupakan salah satu bentuk kegagalan langkah pertama. Atau bisa saja, diakibatkan karena anda belum melakukan pengeringan menggunakan kipas angin yang benar. Karena sudah terkena pada bagian motherboardnya, maka tidak ada cara lain kecuali membeli yang baru. Apabila anda mau melakukan servis keyboad peluangnya untuk kembali bekerja normal sangat minim. Melakukan tindakan cepat saat menghadapi bahaya karena melibatkan listrik, merupakan langkah yang perlu Anda ambil. Semoga dengan informasi terkait cara mengatasi keyboard terkena air ini bisa membantu anda.