10 Tips Meningkatkan Produktivitas Kerja
Tidak bisa dipungkiri kalau mempertahankan kebiasaan produktif bukanlah suatu hal yang mudah. Bagi seorang pekerja, menjadi produktif adalah sebuah keharusan apapun bidang pekerjaannya. Dalam mempertahankan kebiasaan hidup yang produktif seringkali terjadi berbagai masalah yang menghambat usaha kita. Biasanya hambatan tersebut terjadi karena kurangnya perencanaan yang baik dan berujung menurunkan produktivitas kerja. Seseorang biasanya cenderung merasa bingung apa yang harus dilakukan dan bagaimana cara untuk melakukannya.
Dan yang paling sering terjadi adalah kebiasaan menunda-nunda pekerjaan, terlebih jika masih ada jarak waktu yang cukup jauh menuju deadline. Gangguan tidak hanya berasal dari luar seperti gadget ataupun sosial media, tapi juga bisa berasal dari diri sendiri. Terlebih kemampuan untuk memanajemen waktu dengan baik. Untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, artikel ini akan memberikan tips-tips ampun dalam meningkatkan produktivitas kerja. Simak penjelasannya di bawah ini!
Buat Planning Harian
Seringkali kita merasa bingung hal apa yang harus dilakukan pertama kali untuk memulai produktivitas. Untuk memulainya bisa diawali dengan membuat perencanaan tugas-tugas yang harus diselesaikan pada hari tersebut. Dengan begitu bisa membantu kita untuk fokus pada pekerjaan atau tugas-tugas yang memang harus cepat diselesaikan.
Siapkan To Do List
Salah satu cara membuat perencanaan produktivitas yang baik dan matang adalah dengan menyiapkan to do list. Ini biasanya berisi list pekerjaan atau kegiatan apa saja yang akan dilakukan pada satu hari tersebut. Kita juga bisa membuat to do list secara harian atau mingguan, bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing. Dengan membuat to do list dapat membantu kita untuk tetap fokus dan memiliki kegiatan yang terorganisir.
Tentukan Prioritas Pekerjaan
Saat membuat perencanaan harian atau to do list secara tidak langsung kita dapat menemukan pekerjaan atau tugas-tugas apa saja yang perlu diprioritaskan. Menentukan prioritas ini juga merupakan salah satu hal yang penting agar kita bisa memanfaatkan waktu dengan lebih baik. Dalam menentukan prioritas ini bisa disesuaikan dengan deadline ataupun tingkat kesulitan pekerjaan yang harus diselesaikan, bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing.
Tetapkan Tujuan
Untuk meningkatkan produktivitas kerja, kita juga perlu menetapkan tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Dengan tujuan ini nantinya akan memberikan arah pada pekerjaan yang harus dikerjakan. Selain itu dengan tujuan yang jelas juga memberikan motivasi tersendiri bagi kita untuk mencapainya.
- Manfaatkan Teknologi Yang Ada
Saat ini teknologi sudah sangat berkembang dan bisa dimanfaatkan untuk berbagai keperluan, tidak terkecuali membantu meningkatkan produktivitas. Kita harus dapat memanfaatkan alat dan aplikasi produktivitas seperti aplikasi pengelolaan tugas, kalender, dan berbagai software atau platform produktivitas lainnya untuk membantu kita dalam mengatur pekerjaan.
Hindari Berbagai Bentuk Distraksi
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahwa dalam melakukan produktivitas biasanya akan ada gangguan atau distraksi yang menghambat produktivitas kita. Untuk itu ada baiknya mencoba untuk mengurangi gangguan selama jam kerja. Hal tersebut bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti mematikan notifikasi ponsel, gunakan mode fokus, atau pilih ruang kerja yang tenang.
Buat Deadline Pekerjaan Sendiri
Menetapkan deadline pekerjaan merupakan salah satu strategi manajemen waktu yang penting untuk meningkatkan produktivitas kerja. Karena ketika kita memiliki deadline yang jelas, kita dapat lebih fokus pada tugas yang perlu diselesaikan. Ini sangat membantu dalam menghindari penundaan dan memprioritaskan pekerjaan yang lebih penting.
Luangkan Waktu Yang Cukup Untuk Beristirahat
Saat membuat perencanaan harian atau to do list jangan lupa untuk menambahkan jam untuk beristirahat. Penting untuk memberi diri kita istirahat singkat di antara tugas-tugas yang sedang dikerjakan. Karena dengan istirahat sejenak juga dapat meningkatkan fokus dan kreativitas. Pastikan juga untuk mendapatkan jam tidur yang cukup. Karena jika kekurangan jam tidur dapat mengurangi produktivitas secara signifikan.
Kelola Stress
Gangguan produktivitas tidak hanya datang dari luar saja, itu bisa berasal dari diri sendiri. Contohnya seperti rasa stres yang muncul ditengah-tengah produktivitas tentunya dapat menghambat pekerjaan atau tugas yang sedang dikerjakan. Untuk itu ada baiknya untuk mencoba menemukan cara-cara yang dapat dilakukan guna mengelola stres, seperti yoga atau teknik pernapasan.
Buat Area Kerja Yang Nyaman
Membuat area kerja yang nyaman adalah salah satu tips penting untuk meningkatkan produktivitas. Karena dengan suasana kerja yang nyaman mampu memberikan dampak positif pada konsentrasi, motivasi, kesejahteraan, dan kinerja secara keseluruhan. Area kerja yang nyaman juga dapat membantu kita lebih mudah fokus pada tugas yang sedang dikerjakan. Dengan mengurangi gangguan dan meningkatkan kenyamanan kita dapat lebih efisien dalam menyelesaikan pekerjaan.
Untuk membuat area kerja yang nyaman bisa dilakukan dengan memilih dan menggunakan kursi yang nyaman digunakan sepanjang hari. Seperti kursi milik Fantech OCA258 dan OCA259. Kedua kursi ini memiliki desain struktur yang ergonomis dengan material kain dan busa yang premium untuk memastikan kenyamanan penggunaan. OCA258 dan OCA259 sudah dilengkapi dengan headrest & armrest yang nyaman serta coat hanger sebagai salah satu fitur tambahan yang sangat bermanfaat.
Pada kursi OCA259 pengguna juga bisa menikmati kenyamanan maksimal karena memiliki sandaran yang bisa direbahkan serta tambahan leg rest. Dengan begitu pengguna bisa langsung beristirahat sambil rebahan sejenak di atas kursi. Yuk kepoin lebih lanjut fitur-fitur kedua kursi tersebut dengan klik link yang ada di bawah.
Produk-produk tersebut juga sudah tersedia pada halaman website ataupun marketplace official Fantech Indonesia. Segera kunjungi dan dapatkan produknya sekarang juga~