Article, Education, Smart Life

Apa itu Fast Charging & Bedanya dengan Quick Charging

Apa Itu Fast Charging, Quick Charging, Perbedaan Fast Charging Dan Quick Charging

Teknologi pengisian daya cepat atau yang biasa kita kenal dengan istilah fast charging merupakan sebuah teknologi yang terdapat pada charger yang memungkinkan sebuah perangkat dapat mengisi daya baterai dengan lebih cepat. Istilah fast charging telah berkembang seiring waktu dan mengalami beberapa perubahan signifikan. Hingga seiring berjalannya waktu, kini teknologi fast charging telah menjadi lebih umum dan banyak produsen perangkat telah mengintegrasikannya ke dalam produk mereka. Hal ini tentu juga didorong dengan semakin meningkatnya peminat atau pengguna yang membutuhkan teknologi ini.

Bagaimana tidak? Sebuah charger dengan teknologi fast charge akan sangat berguna ketika kita sedang terburu-buru atau hanya memiliki sedikit waktu untuk mengisi daya perangkat. Dalam hal ini membantu pengguna untuk mengisi daya perangkat mereka dengan lebih cepat dan lebih efisien, dan telah menjadi salah satu fitur yang diinginkan oleh banyak konsumen.

Keunggulan Charger Dengan Fitur Fast Charging

Image 99

source : Gizmologi

  1. Kemudahan dan Efisiensi: Charger fast charge memungkinkan pengguna mengisi daya perangkat mereka dengan cepat, yang sangat nyaman dalam situasi darurat atau ketika pengguna hanya memiliki sedikit waktu untuk mengisi daya perangkat. Hal ini tentunya membuat penggunaan sehari-hari menjadi lebih efisien.
  1. Perangkat yang Mendukung: Banyak produsen ponsel cerdas dan perangkat elektronik lainnya telah mengadopsi teknologi fast charge. Ini berarti bahwa banyak perangkat yang dijual saat ini sudah dilengkapi dengan kemampuan fast charge, sehingga pengguna dapat menggunakannya tanpa harus mencari perangkat khusus.
  1. Penyebaran Teknologi USB-C: Port USB-C semakin umum digunakan dalam banyak perangkat, termasuk ponsel, tablet, laptop, dan aksesori. USB-C sering mendukung teknologi fast charge seperti USB Power Delivery, yang membuatnya lebih mudah bagi pengguna untuk mengisi daya perangkat mereka dengan cepat.
  1. Kemampuan Adaptasi: Teknologi fast charge sering memiliki kemampuan adaptasi, yang berarti charger dapat menyesuaikan voltase dan arus daya untuk memaksimalkan kecepatan pengisian daya yang aman. Ini membuat fast charge lebih nyaman dan aman untuk digunakan.
  1. Mobilitas dan Bepergian: Fast charging sangat berguna bagi orang yang sering bepergian atau bekerja di luar kantor. Dalam perjalanan bisnis atau liburan, cepat mengisi daya perangkat elektronik dapat memungkinkan pengguna untuk tetap terhubung dan produktif tanpa harus menunggu terlalu lama.
  1. Kemajuan Teknologi: Kemajuan dalam teknologi fast charge telah menghasilkan solusi yang lebih efisien dan efektif dari segi energi, yang membuatnya semakin menarik bagi pengguna yang peduli tentang penggunaan daya dan lingkungan.

Selain fast charge, apakah kamu juga pernah mendengar istilah quick charging? Tidak sedikit pengguna yang masih merasa bingung apakah fast charge dan quick charging merupakan teknologi yang sama. Tapi tenang saja karena pada artikel ini akan membantu menjelaskan apa itu quick charging dan apa perbedaannya dengan teknologi fast charge. Yuk simak penjelasannya di bawah ini!

Kunjungi Produk Produk Kabel Data Terbaik >>>

Teknologi Quick Charging

Image 100

source : Times Indonesia

Sebelum kemunculan teknologi fast charging, quick charging menjadi salah satu tonggak awal dalam perkembangan teknologi ini yang dikembangkan oleh Qualcomm.

Quick charge pertama kali diperkenalkan oleh Qualcomm pada tahun 2013 dengan versi pertamanya, Quick Charge 1.0. Ini memungkinkan pengisian daya hingga 40% lebih cepat dibandingkan dengan pengisian daya konvensional. Sejak saat itu, Qualcomm terus mengembangkan teknologinya dengan berbagai iterasi, seperti Quick Charge 2.0, 3.0, dan seterusnya. Setiap iterasi menawarkan tingkat kecepatan pengisian yang lebih tinggi dan berbagai peningkatan efisiensi.

Perbedaan Fast Charging dan Quick Charging

Perbedaan Fast Charging Dan Quick Charging

Istilah “charger fast charging” dan “charger quick charging” sering digunakan secara bergantian, dan dalam banyak kasus, keduanya merujuk pada teknologi pengisian daya yang serupa. Namun, perbedaan mendasar terletak pada perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut dan merek dagang yang digunakan. Mari kita bahas lebih lanjut perbedaan antara keduanya:

1. Charger Fast Charging:

Image 102

Fast charging adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan teknologi pengisian daya yang memungkinkan perangkat mengisi daya dengan lebih cepat daripada charger standar. Ini bisa merujuk pada berbagai teknologi pengisian daya cepat yang dikembangkan oleh berbagai produsen, termasuk Quick Charge oleh Qualcomm, VOOC oleh OPPO, dan lain sebagainya. Charger fast charging dapat mengisi daya perangkat dengan lebih cepat daripada charger konvensional, tetapi kecepatan pengisian daya tergantung pada teknologi yang digunakan dan kompatibilitas dengan perangkat itu sendiri.

2. Charger Quick Charging

Image 101

Quick charging adalah istilah yang lebih spesifik yang merujuk pada teknologi pengisian daya cepat yang dikembangkan oleh Qualcomm dengan merek dagang Quick Charge. Quick Charge adalah teknologi pengisian daya cepat yang terkenal dan banyak digunakan pada ponsel dan perangkat lain yang menggunakan chipset Qualcomm. Teknologi Quick Charge mengatur voltase dan arus daya secara dinamis untuk memungkinkan pengisian daya yang lebih cepat.

Jadi, perbedaan antara “charger fast charging” dan “charger quick charging” sebagian besar terletak pada istilah yang digunakan dan perusahaan yang mengembangkan teknologi tersebut. Kecepatan pengisian daya dan kompatibilitas dengan perangkat akan bervariasi tergantung pada teknologi yang digunakan. Jadi penting bagi kita untuk memilih charger berkualitas yang cocok dan aman untuk digunakan. Seperti kepala charger CWG140301 dan kabel data KD10C200 dan KD60L1501 milik Fantech Smart Life.

Kepala charger dan kabel data Fantech Smart Life ini telah dilengkapi dengan FiT Smart Chip. Dengan begitu pengguna akan mendapatkan proteksi maksimal pada segala situasi mulai dari short-circuit protection, overcurrent protection, sampai dengan over temperature protection. Baterai tidak akan cepat panas saat diisi serta terhindar dari pengisian daya yang berlebihan. Tentunya sangat bermanfaat saat sedang berpergian.

Produk-produk tersebut sudah tersedia lengkap pada website dan marketplace official Fantech Indonesia. Segera kunjungi sekarang dan dapatkan produknya. Jangan lupa untuk ikuti sosial media Fantech Smart Life mulai dari Instagram, Tiktok, sampai Youtube biar tetap up to date seputar smart home dan smart life!

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *