Anime, Article, Mouse Gaming, Vtuber

Apa sih itu Vtuber & Siapa Saja Vtuber di Indonesia

Vtuber Apa Itu Vtuber

Dalam era konten digital, kita melihat semakin banyak kreator yang memilih untuk menyembunyikan identitas mereka atau merancang karakter anime sebagai pengganti wajah asli. Salah satu tren yang semakin populer di platform YouTube dan platform streaming lainnya adalah menjadi seorang virtual YouTuber (VTuber). Sebagai seorang Virtual YouTuber , seseorang dapat menciptakan konten menarik sambil tetap menjaga privasi dan anonimitas.

Kunjungi Produk Produk Mouse Gaming Terbaik >>>

Apa itu Virtual YouTuber?

Image 57
source: Wikipedia

Bagi sebagian orang di Indonesia, istilah VTuber mungkin masih terdengar asing. Virtual YouTuber sendiri merupakan singkatan dari virtual YouTuber. Virtual YouTuber adalah kreator konten video yang menggunakan avatar virtual untuk mewakili diri mereka dalam konten yang mereka buat. Avatar ini bisa berupa grafik komputer 2D atau 3D dan seringkali terinspirasi oleh desain anime.

Fenomena VTuber pertama kali dikenalkan oleh Kizuna Ai, seorang VTuber dari Jepang, pada tahun 2016. Kizuna Ai masuk dalam daftar Virtual YouTuber terbaik dunia dan merupakan karya dari Active8, sebuah agensi digital yang menciptakan avatar anime untuk Virtual YouTuber .

Sebagian besar Virtual YouTuber, baik di Indonesia maupun di seluruh dunia, menggunakan YouTube sebagai platform utama mereka. Namun, beberapa juga mengunggah konten atau melakukan streaming di platform lain seperti Twitch, Facebook Gaming, dan platform lainnya.

Perkembangan VTuber di Indonesia

Image 58
source: Risa Media

Meskipun istilah VTuber mungkin baru dikenal secara luas di Indonesia pada tahun 2018, fenomena ini sebenarnya sudah ada sejak beberapa tahun sebelumnya. Virtual YouTuber pertama di Indonesia, Cerita Tessa, membuat debutnya pada Februari 2018, membuka jalan bagi banyak Virtual YouTuber lain dengan kualitas konten yang beragam dan basis penggemar yang setia.

Kunjungi Produk Produk Mouse Gaming Terbaik >>>

Berikut adalah beberapa VTuber di Indonesia yang patut diperhatikan:

Mythia Batford

Mythia Batford
source: VCGamers

Mythia Batford (ミシア ・バットフォード) adalah seorang Youtuber Virtual perempuan Indonesia yang berafiliasi dengan ShiroUma dan memulai debutnya pada 1 Desember 2020. Mythia mengumumkan bahwa dia sudah tidak lagi bersama ShiroUma dan menjadi independen.

Mythia adalah orang yang tenang, meskipun kadang-kadang ketika dia berbicara, dia bisa lebih lucu atau lebih sadis dalam obrolannya. Dia terdengar beberapa kali berbicara tentang sesuatu yang aneh dan tidak benar. Namun, dia disanjung oleh beberapa penggemarnya karena suaranya yang alami dan baik.

Kobo Kanaeru

Kobo Kanaeru

Kobo Kanaeru (こぼ・かなえる) adalah YouTuber virtual wanita asal Indonesia yang berafiliasi dengan agensi hololive, yang memulai debutnya sebagai bagian dari kelompok Virtual YouTuberVirtual YouTuber hololive cabang Indonesia (ID) generasi ketiga bersama Vestia Zeta dan Kaela Kovalskia.

Kobo awalnya memberikan kesan seorang anak yang manis dan energik dengan kelakukan yang cukup aneh, meskipun pada kenyataannya dia lebih sering berlaku seperti bocah manja bermuka tebal yang senang menuntut pujian dari orang lain, serta sering mengolok-olok rekan sesama Virtual YouTuber dan para penonton siaran langsung (live streaming), dan juga saling berkelakar dengan mereka.

Vestia Zeta

Vestia Zeta

Vestia Zeta (ベスティア・ゼータ) adalah YouTuber Virtual wanita Indonesia yang terkait dengan hololive, memulai debutnya sebagai bagian dari cabang VTubers generasi ketiga Indonesia (ID) bersama Kaela Kovalskia dan Kobo Kanaeru.

Dia adalah rekrutan misterius ke-7 dari Unit Arsip Rahasia yang memiliki lisensi penuh untuk mengumpulkan data virtual.
Meskipun dia adalah seorang pemula yang menjanjikan, yang juga dikenal sebagai codename V.7, dia menjadi kikuk ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai dengan manual.

Kunjungi Produk Produk Mouse Gaming Terbaik >>>

Kaela Kovalskia

Kaela Kovalskia

Kaela Kovalskia (カエラ・コヴァルスキア) adalah YouTuber Virtual wanita Indonesia yang terkait dengan hololive, memulai debutnya sebagai bagian dari cabang VTubers generasi ketiga Indonesia (ID) bersama Vestia Zeta, dan Kobo Kanaeru.

Setelah mengambil alih bengkel guru pandai besinya yang hebat, dia merasakan kurangnya kegembiraan dalam hidupnya.
Jadi, dia memutuskan untuk bebas dan melakukan perjalanan untuk menemukan bahan pandai besi yang langka, salah satunya dikabarkan berada di bawah bangunan “grup idola” tertentu di kota.

Nekoyama Sena

Nekoyama Sena

Nekoyama Sena adalah Virtual YouTuber perempuan Indonesia yang berafiliasi dengan Yume Reality bersama dengan Nemutaka Yuta, Cerys Lobelia, Tsuyu Hortenshia, dan Ryuuki Tatsuya. Sena memulai debutnya pada tanggal 26 Agustus 2020.

Sena adalah hasil percobaan penggabungan antara kucing dan manusia yang sukses oleh salah satu perusahaan di Jepang. Tetapi pihak pemerintah tidak menyetujui dan ingin memusnahkan Sena. Diam-diam tim peneliti perusahaan tersebut membuat suatu alat untuk melindungi Sena dari ancaman pemerintah Jepang. Tanpa diketahuinya, alat tersebut merupakan alat semacam mesin waktu.

Mengapa VTuber Menarik Perhatian?

Terdapat sejumlah alasan mengapa VTuber menarik perhatian. Pertama, mereka menyediakan konten yang unik dan menarik dengan menggunakan avatar virtual.

Kedua, Virtual YouTuber sering kali dapat menciptakan interaksi yang lebih erat dengan penonton melalui live streaming dan berbagai kegiatan lainnya.

Kunjungi Produk Produk Mouse Gaming Terbaik >>>

Kesimpulan

Virtual YouTuber (VTuber) telah menjadi tren yang signifikan di Indonesia, dengan sejumlah kreator konten yang menarik perhatian melalui avatar virtual mereka. Dari cerita Tessa hingga Alia Adelia, setiap VTuber membawa keunikan dan keceriaan sendiri dalam menciptakan konten yang dapat dinikmati oleh penggemar setia mereka.

Fenomena ini terus berkembang, dan mungkin saja kita akan melihat munculnya lebih banyak Virtual YouTuber yang mencuri perhatian di masa depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *