Article, Karrier, Office Chair, Tips & Tricks

Cara Interview Kerja Untuk Fresh Graduate

Interview Kerja

Menghadapi interview kerja bisa menjadi pengalaman menegangkan, terutama bagi para fresh graduate yang baru memasuki dunia profesional. Wawancara merupakan kesempatan bagi kita untuk mempresentasikan diri dan meyakinkan para rekruiter bahwa kita adalah kandidat yang tepat untuk posisi yang diinginkan. Persiapan untuk wawancara kerja sangat penting karena proses wawancara adalah tahap krusial dalam mendapatkan pekerjaan. Dengan persiapan yang baik tidak hanya meningkatkan kesempatan untuk sukses dalam wawancara, tetapi juga menciptakan kesan positif kepada calon pemberi kerja. 

Kunjungi Produk Produk Kursi Ergonomis Terbaik >>>

Kenapa Kita Harus Mempersiapkan Diri Sebelum Interview Kerja?

Image 120
source: personapublicspeaking.com

Persiapan yang baik dapat mencerminkan tingkat keseriusan kita terhadap pekerjaan dan perusahaan yang dilamar. Ini menunjukkan bahwa kita peduli untuk memberikan yang terbaik dan telah meluangkan waktu untuk memahami posisi dan perusahaan tersebut. Dengan mempersiapkan diri juga mampu membantu kita merasa lebih percaya diri dengan mengumpulkan informasi dan berlatih menjawab pertanyaan yang mungkin muncul. Percaya diri adalah kunci untuk menyampaikan pesan dengan baik dan meyakinkan pewawancara.

Pengetahuan yang baik tentang perusahaan, termasuk visi, misi, nilai-nilai, dan sejarahnya, membantu kita dalam merespons pertanyaan dengan lebih tajam dan menunjukkan bahwa kita adalah calon yang berinvestasi dalam budaya perusahaan. Persiapan yang matang membantu kita menyiapkan pertanyaan yang relevan untuk diajukan kepada pewawancara. Ini tidak hanya menunjukkan minat pada perusahaan tetapi juga membuka peluang untuk diskusi yang lebih mendalam tentang posisi dan harapan pekerjaan.

Kunjungi Produk Produk Kursi Ergonomis Terbaik >>>

Melalui persiapan yang matang kita dapat mengidentifikasi kelemahan atau kekhawatiran yang mungkin muncul selama wawancara. Kita juga dapat menghindari kesalahan umum selama wawancara, seperti kurangnya pengetahuan tentang perusahaan, jawaban yang tidak relevan, atau kurangnya keterampilan komunikasi. Dengan memahami format dan tata krama wawancara  dapat menghindari kesalahan-kesalahan ini.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu kita menghadapi wawancara kerja dengan percaya diri dan sukses!

Riset Perusahaan Yang Dilamar

Image 94
Source:yoursay.suara.com

Sebelum wawancara, lakukan riset tentang perusahaan tersebut. Ketahui visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Pahami juga tugas dan tanggung jawab yang terkait dengan posisi yang dilamar. Dengan memiliki pemahaman yang baik tentang perusahaan, kita akan dapat merespons pertanyaan wawancara dengan lebih tajam.

Kenali Diri Sendiri

Image 93
Source:kompasiana.com

Siapkan cerita singkat tentang diri sendiri, latar belakang pendidikan, dan pengalaman yang relevan. Tunjukkan keahlian dan keterampilan yang dimiliki dan bagaimana itu dapat memberikan nilai tambah bagi perusahaan. Jangan lupa untuk menonjolkan pencapaian atau proyek yang menonjol selama studi atau magang.

Kunjungi Produk Produk Kursi Ergonomis Terbaik >>>

Kuasai Pertanyaan Umum

Image 95
Source:edubisnis.my.id

Beberapa pertanyaan umum yang sering muncul dalam wawancara melibatkan kekuatan dan kelemahan kamu, pengalaman kerja sebelumnya, dan alasan melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Persiapkan jawaban yang jelas dan konsisten untuk pertanyaan-pertanyaan ini.

Tunjukkan Motivasi dan Antusiasme

Image 96
Source:kompasiana.com

Sampaikan motivasi untuk bekerja di perusahaan tersebut. Ceritakan bagaimana visi dan nilai-nilai perusahaan sesuai dengan tujuan dan nilai pribadi. Tunjukkan antusiasme terhadap pekerjaan dan bagaimana kita ingin berkontribusi pada kesuksesan perusahaan.

Komunikasi Efektif

Image 97
Source:mennarikdibaca.blogspot.com

Perhatikan cara berkomunikasi untuk jangan terlalu cepat atau terlalu lambat dalam berbicara. Gunakan bahasa tubuh yang positif, seperti kontak mata dan senyum ringan. Dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab dan hindari penggunaan filler words seperti “eh” atau “um.”

Berikan Contoh Nyata

Image 98
Source:novriadi.com

Beri contoh nyata untuk mendukung jawaban seperti jika kamu mengklaim memiliki keahlian tertentu, berikan contoh situasi di mana kamu berhasil mengaplikasikan keahlian tersebut. Ini akan membuat jawaban jadi lebih meyakinkan dan konkret.

Kunjungi Produk Produk Kursi Ergonomis Terbaik >>>

Tanyakan Pertanyaan yang Relevan

Image 99
Source:mylife.id

Setelah menjawab pertanyaan dari pewawancara, luangkan waktu untuk bertanya. Pertanyaan yang menunjukkan minat terhadap perusahaan dan posisi tersebut dapat memberikan kesan positif. Misalnya, dengan menanyakan mengenai proyek-proyek terkini atau peluang pengembangan karir di perusahaan.

Berlatih dengan Teman atau Mentor

Image 100
Source:myrobin.id

Sebelum wawancara, berlatihlah dengan teman atau mentor. Mereka dapat memberikan umpan balik yang berguna dan membantu meningkatkan keterampilan wawancara. Yang terpenting adalah tetap tenang dan percaya diri selama wawancara. Ingatlah bahwa wawancara adalah kesempatan bagi kita untuk saling mengenal dengan perusahaan. Tampilkan kepribadian yang terbaik dan yakinkan pewawancara bahwa kamu adalah calon yang potensial.

Dengan persiapan yang matang dan sikap yang positif, kita dapat menghadapi wawancara kerja dengan percaya diri. Fantech juga siap mendukung kamu dengan menyediakan kursi yang nyaman untuk digunakan seharian. Seperti kursi milik Fantech OCA258, OCA259 dan OCA259s.

Kunjungi Produk Produk Kursi Ergonomis Terbaik >>>

Kursi-kursi ini memiliki desain struktur yang ergonomis dengan material kain dan busa yang premium untuk memastikan kenyamanan penggunaan. Baik kursi OCA258, OCA259, dan OCA259s sudah dilengkapi dengan headrest & armrest yang nyaman serta coat hanger sebagai salah satu fitur tambahan yang sangat bermanfaat.

Pada kursi OCA259 dan OCA259s pengguna juga bisa menikmati kenyamanan maksimal karena memiliki sandaran yang bisa direbahkan serta tambahan leg rest. Dengan begitu pengguna bisa langsung beristirahat sambil rebahan sejenak di atas kursi.

Yuk kepoin lebih lanjut fitur-fitur kedua kursi tersebut dengan klik link yang ada di bawah. Produk-produk tersebut juga sudah tersedia pada halaman website ataupun marketplace official Fantech Indonesia. Segera kunjungi dan dapatkan produknya sekarang juga~

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *