Mendeley Adalah ? Apa Itu Mendeley Dan Cara Menggunakannya, Mahasiswa Wajib Tahu!
Siapa yang sampai saat ini masih mengalami kesulitan ketika membuat sitasi atau daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ilmiah? Terutama para mahasiswa yang sedang banyak-banyaknya mengerjakan tugas penulisan ilmiah, mulai dari makalah, jurnal, hingga penulisan skripsi. Daftar pustaka dan sitasi menjadi salah satu bagian karya tulis yang wajib ada, namun seringkali mahasiswa kesulitan dalam membuatnya. Tapi sekarang tidak perlu pusing lagi, karena ada sebuah aplikasi yang siap membantu dalam pembuatan sitasi dan daftar pustaka dengan lebih mudah, yaitu Mendeley Adalah .
Mendeley Adalah ? Apa Itu Mendeley
Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mengelola berbagai jenis referensi dalam penulisan. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Elsevier dan pertama kali launching pada bulan Agustus tahun 2008. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam penulisan ilmiah, teknik penulisan yang digunakan juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Penulis harus menyertakan referensi yang valid dengan teknik penulisan yang mengikuti kaidah, dalam artian tidak boleh sembarangan. Dengan begitu, Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup penting dipelajari oleh para mahasiswa maupun akademisi.
Apa saja kegunaan Mendeley?
Aplikasi ini bisa diakses secara gratis dan mampu membantu kita dalam penyisipan, penulisan, serta pemformatan sitasi. Dengan adanya aplikasi ini, para pengguna sudah tidak perlu lagi repot-repot menyusun daftar pustaka dan sitasi secara manual. Apabila pengguna sudah membuat library pada aplikasi ini, aplikasi ini bisa membuat sebuah kutipan ataupun referensi secara otomatis. Library tersebut juga nantinya akan membantu kita untuk membuat bodynote secara langsung dan cepat.
Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola referensi-referensi yang digunakan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengatur referensi dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel dalam satu lokasi yang terorganisir. Sekaligus juga mengidentifikasi keaslian dari setiap referensi yang digunakan dalam tulisan tersebut. Dengan Aplikasi ini pengguna juga dapat menghasilkan kutipan otomatis dalam berbagai format penulisan seperti APA, MLA, dan lainnya. Ini membuat proses penulisan lebih efisien.
Selain itu, pengguna juga bisa berbagi referensi dan dokumen dengan rekan penelitian, memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah dalam pengembangan penelitian bersama. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mencari literatur ilmiah secara online dan mengimpor referensi ke perpustakaan pribadi dengan mudah. Dengan aplikasi ini pengguna juga bisa menandai dan mengomentari teks dalam dokumen PDF, mempermudah proses membaca dan menganalisis literatur.
Aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi berdasarkan minat penelitian dan aktivitas pengguna lain di platform tersebut. Dokumen dan referensi akan disinkronkan ke cloud Mendeley, yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan data dan mengaksesnya dari berbagai perangkat. Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan pengguna Mendeley yaitu aplikasi ini mudah untuk diakses. Pengguna bisa mengakses perpustakaan Mendeley dari berbagai perangkat mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone sekalipun.
Cara Menggunakan Mendeley Desktop
Sebagian orang yang baru mengenal Aplikasi ini menganggap aplikasi ini sedikit sulit untuk digunakan. Untuk itu, artikel ini akan membantu kamu untuk bisa lebih mudah memahami bagaimana cara menggunakan Aplikasi ini . Yuk simak langkah-langkahnya di bawah ini!
Kunjungi Produk Produk Keyboard Mouse Combo Enak Banget Buat Ngerjain Skripsi >>>
Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu menginstall aplikasi. Simak penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini!
- Kamu bisa masukkan keyword “download mendeley” pada browser yang digunakan.
- Setelah itu klik link yang berasal dari halaman mendeley.com dan klik opsi “Download now for Windows”.
- Setelah proses pengunduhan selesai, klik hasil unduhan tersebut pada browser.
- Lalu akan muncul pop up security warning untuk perizinan menjalankan aplikasi. Kamu bisa klik opsi “Run”.
- Kemudian akan muncul pop up untuk melakukan installing Mendeley, kamu bisa klik “Install” dan “Finish” pada pop up selanjutnya.
- Selesai! Aplikasi Mendeley sudah berhasil terinstall.
- Buat Akun
Setelah aplikasi berhasil terinstall, langkah selanjutnya yaitu log in menggunakan akun yang sudah dibuat. Jika belum mempunyai akun, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan alamat email. Simak langkah-langkah registrasi akun Aplikasi ini di bawah ini!
- Masukkan alamat email yang ingin digunakan, lalu klik “Continue”.
- Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nama beserta password. Pastikan untuk menggunakan password yang aman sesuai dengan rekomendasi dari Aplikasi ini.
- Setelah itu klik opsi “Register”.
- Selesai! Kamu telah berhasil membuat akun.
- Memasukkan Referensi ke Aplikasi
Sebenarnya aplikasi ini memiliki berbagai macam tools yang bisa dimanfaatkan. Namun salah satu tools yang paling sering digunakan yaitu membuat sitasi atau daftar pustaka. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memasukkan referensi tersebut pada aplikasi Mendeley. Simak caranya di bawah ini!
- Download jurnal atau referensi yang akan digunakan.
- Pada aplikasi Mendeley, klik opsi “Add New”.
- Setelah itu pilih “File(s) From Computer”
- Kemudian akan muncul pop up dari libraries komputer, kamu tinggal pilih file jurnal yang sudah didownload sebelumnya.
- Selesai! Referensi yang akan kamu gunakan sudah berhasil masuk pada library Mendeley.
- Install Mendeley Cite
Untuk membuat daftar pustaka atau sitasi menggunakan Aplikasi ini pada Microsoft Word, kamu juga harus menginstall tools Mendeley Cite. Caranya cukup mudah, simak penjelasannya di bawah ini!
- Buka aplikasi Mendeley.
- Pilih menu “Tools”
- Klik opsi “Install Mendeley Cite For Microsoft Word”
- Lalu klik “Get it now” dan tools akan terinstall.
- Membuat Sitasi & Daftar Pustaka
Setelah membuat library referensi-referensi yang dibutuhkan dan menginstall Mendeley Cite, kamu bisa mulai membuat sitasi ataupun daftar pustaka. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!
- Buka file jurnal, makalah, ataupun skripsi yang sedang dikerjakan pada Microsoft Word.
- Klik menu “References” yang terdapat pada bagian atas layar.
- Lalu akan muncul tools Mendeley Cite, kamu bisa klik “Get Started”
- Nanti akan diarahkan pada halaman Mendeley untuk melakukan log in akun. Masukkan akun yang telah dibuat.
- Setelah log in, kamu bisa melihat list referensi yang sebelumnya telah dimasukkan pada library.
- Klik kotak ceklis pada referensi yang ingin dijadikan sitasi atau daftar pustaka pada file yang sedang dikerjakan.
- Pilih style format yang ingin digunakan.
- Lalu klik opsi “Insert”.
- Selesai! Kamu telah berhasil membuat sitasi dan daftar pustaka.
Itu dia langkah-langkah mudah menggunakan Aplikasi ini untuk membuat daftar pustaka dan sitasi pada Microsoft Word. Semoga cara diatas mudah dipahami dan dapat membantu kamu menyelesaikan tugas penulisan dengan lebih cepat. Selamat mencoba!