Mendeley adalah? Apa Itu Mendeley Dan Cara Menggunakannya, Mahasiswa Wajib Tahu!
Siapa yang sampai saat ini masih mengalami kesulitan ketika membuat sitasi atau daftar pustaka dalam sebuah karya tulis ilmiah? Terutama para pelajar yang sedang banyak-banyaknya mengerjakan tugas penulisan ilmiah, mulai dari makalah, jurnal, hingga penulisan skripsi.
Daftar pustaka dan sitasi menjadi salah satu bagian karya tulis yang wajib ada, namun seringkali siswa kesulitan dalam membuatnya. Namun sekarang tidak perlu pusing lagi, karena ada sebuah aplikasi yang siap membantu dalam pembuatan situs dan daftar pustaka dengan lebih mudah, yaitu Mendeley Adalah .
Mendeley adalah? Apa Itu Mendeley

Mendeley adalah sebuah perangkat lunak yang mampu mengelola berbagai jenis referensi dalam penulisan. Aplikasi ini dikembangkan oleh perusahaan Elsevier dan pertama kali launching pada bulan Agustus tahun 2008. Karena seperti yang kita ketahui bahwa dalam penulisan ilmiah, teknik penulisan yang digunakan juga merupakan hal yang penting untuk diperhatikan. Penulis harus menyertakan referensi yang valid dengan teknik penulisan yang mengikuti kaidah, dalam artian tidak boleh sembarangan. Dengan demikian, Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup penting dipelajari oleh para pelajar maupun pengajar.
Apa saja kegunaan Mendeley?

Aplikasi ini dapat diakses secara gratis dan mampu membantu kita dalam penyusunan, penulisan, serta pemformatan sitasi. Dengan adanya aplikasi ini, para pengguna sudah tidak perlu lagi repot-repot menyusun daftar pustaka dan situs secara manual. Ketika pengguna sudah membuat perpustakaan pada aplikasi ini, aplikasi ini bisa membuat kutipan ataupun referensi secara otomatis. Library tersebut juga nantinya akan membantu kita untuk membuat bodynote secara langsung dan cepat.
Tidak hanya itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengelola referensi-referensi yang digunakan. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengatur referensi dari berbagai sumber seperti jurnal ilmiah, buku, dan artikel dalam satu lokasi yang diselenggarakan. Sekaligus juga mengidentifikasi keaslian dari setiap referensi yang digunakan dalam tulisan tersebut. Dengan Aplikasi ini pengguna juga dapat menghasilkan kutipan otomatis dalam berbagai format penulisan seperti APA, MLA, dan lainnya. Ini membuat proses penulisan lebih efisien.
Selain itu, pengguna juga bisa berbagi referensi dan dokumen dengan rekan penelitian, memungkinkan kolaborasi yang lebih mudah dalam pengembangan penelitian bersama. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk mencari literatur ilmiah secara online dan mengimpor referensi ke perpustakaan pribadi dengan mudah. Dengan aplikasi ini pengguna juga bisa menandai dan menyajikan teks dalam dokumen PDF, mempermudah proses membaca dan menganalisis literatur.
Aplikasi ini dapat memberikan rekomendasi berdasarkan minat penelitian dan aktivitas pengguna lain di platform tersebut. Dokumen dan referensi akan disinkronkan ke cloud Mendeley, yang memungkinkan pengguna untuk mengamankan data dan mengaksesnya dari berbagai perangkat. Salah satu keunggulan yang bisa didapatkan pengguna Mendeley yaitu aplikasi ini mudah untuk diakses. Pengguna dapat mengakses perpustakaan Mendeley dari berbagai perangkat mulai dari komputer, laptop, hingga smartphone sekalipun.
Cara Menggunakan Mendeley Desktop

Langkah pertama yang harus kamu lakukan yaitu menginstall aplikasi. Simak penjelasan langkah-langkahnya di bawah ini!
- Kamu bisa memasukkan kata kunci “download mendeley” pada browser yang digunakan.
- Setelah itu klik link yang berasal dari halaman mendeley.com dan klik opsi “Download now for Windows”.
- Setelah proses pengunduhan selesai, klik hasil pengunduhan tersebut pada browser.
- Lalu akan muncul pop up security warning untuk menjalankan aplikasi. Kamu bisa klik opsi “Run”.
- Kemudian akan muncul pop up untuk melakukan instalasi Mendeley, kamu bisa klik “Install” dan “Finish” pada pop up selanjutnya.
- Selesai! Aplikasi Mendeley sudah berhasil terinstall.
- Buat Akun
Setelah aplikasi berhasil terinstall, langkah selanjutnya yaitu login menggunakan akun yang sudah dibuat. Jika mempunyai belum akun, kamu bisa membuat akun terlebih dahulu dengan alamat email. Simak langkah-langkah registrasi akun Aplikasi ini di bawah ini!
- Masukkan alamat email yang ingin digunakan, lalu klik “Lanjutkan”.
- Setelah itu kamu akan diminta untuk memasukkan nama beserta password. Pastikan untuk menggunakan kata sandi yang aman sesuai dengan rekomendasi dari Aplikasi ini.
- Setelah itu klik opsi “Daftar”.
- Selesai! Kamu telah berhasil membuat akun.
- Memasukkan Referensi ke Aplikasi
Sebenarnya aplikasi ini memiliki berbagai macam alat yang bisa dimanfaatkan. Namun salah satu tools yang paling sering digunakan yaitu membuat sitasi atau daftar pustaka. Hal pertama yang harus dilakukan yaitu memasukkan referensi tersebut pada aplikasi Mendeley. Simak caranya di bawah ini!
- Buka aplikasi Mendeley.
- Pilih menu “Tools”
- Klik opsi “Instal Mendeley Cite Untuk Microsoft Word”
- Lalu klik “Dapatkan sekarang” dan alat akan terinstall.
- Membuat Sitasi & Daftar Pustaka
Setelah membuat referensi-referensi perpustakaan yang diperlukan dan menginstall Mendeley Cite, kamu bisa mulai membuat situs ataupun daftar pustaka. Simak langkah-langkahnya di bawah ini!
- Buka file jurnal, makalah, ataupun skripsi yang sedang dikerjakan pada Microsoft Word.
- Klik menu “References” yang terdapat pada bagian atas layar.
- Lalu akan muncul tools Mendeley Cite, kamu bisa klik “Get Started”
- Nanti akan diarahkan pada halaman Mendeley untuk melakukan login akun. Masukkan akun yang telah dibuat.
- Setelah login, kamu bisa melihat daftar referensi yang sebelumnya telah dimasukkan pada perpustakaan.
- Klik kotak ceklis pada referensi yang ingin dijadikan sitasi atau daftar pustaka pada file yang sedang dikerjakan.
- Pilih format gaya yang ingin digunakan.
- Lalu klik opsi “Insert”.
- Selesai! Kamu telah berhasil membuat sitasi dan daftar pustaka.
Itu dia langkah-langkah mudah menggunakan Aplikasi ini untuk membuat daftar pustaka dan sitasi pada Microsoft Word. Semoga cara diatas mudah dipahami dan dapat membantu kamu menyelesaikan tugas penulisan dengan lebih cepat. Selamat mencoba!
